Perbedaan antara Laptop, Notebook, dan Netbook

Posted by Unknown on 1


Kang Fiqih | Assalamu'alaikum wr.wb., seiring dengan berkembangnya dunia teknologi saat ini, maka pada awal mula terciptanya komputer hingga sekarang sudah banyak sekali mengalami perubahan. Beberapa tahun ke belakang kita masih menikmati teknologi komputer PC yang hanya bisa dipakai di suatu tempat saja, berbeda dengan laptop, notebook, dan netbook yang bisa dibawa kemana saja dan sangat simple karena bentuknya yang sederhana. Ini merupakan teknologi lanjutan dari komputer.

Namun, masih banyak diantara kita yang mungkin masih bingung dan bahkan tidak tahu dengan perbedaan laptop, notebook dan juga netbook. Ada yang bilang bahwa laptop itu sama dengan notebook.

Maka dari itu, saya sekarang akan membahas masalah mengenai perbedaan antara laptop, notebook dan juga netbook. Berikut adalah pembahasan singkat mengenai perbedaan dari ketiga teknologi tersebut:
  • Laptop
Laptop merupakan sebah komputer portable yang cukup kecil dibandingkan PC desktop sehingga pas dikantong kerja Anda dan memudahkan Anda dalam penggunaannya. Laptop awalnya dirancang agar serupa dengan desktop, akan tetapi dengan bentuk yang lebih kecil. 

Di laptop, hal yang paling menonjol adalah mobilitas, bukan hanya portabilitas seperti pada notebook. Karena didesain sama seperti laptop maka perangkat yang ada pada desktop pastilah ada di laptop. tapi lebih dari itu, laptop mempunyai tambahan lain seperti PCMCI Soket, Wireless, Card Reader, Infrared, dan Bluetooth.

  • Notebook

Dibandingkan dengan perangkat lain, notebook memiliki spesifikasi yang paling lengkap dan tinggi. Sebuah notebook bisa dilengkapi dengan kapasitas hardisk yang besar dan cepat. Komponen lainnya seperti RAM, prosesor dan kartu grafis juga lebih tinggi dibanding dengan perangkat lainnya. 

Spesifikasi Notebook dibuat sebagai pengganti komputer dekstop sehingga spesifikasinya mendekati komputer dekstop.itu sebabnya harga notebook bisa sangat tinggi mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Ada yang mengatakan bahwa notebook dan laptop itu sama namun ada pula yang mengatakan bahwa keduanya sangat berbeda. Jika dilihat dari perkembangannya notebook merupakan perkembangan lebih lanjut dari laptop dimana orang membutuhkan spesifikasi komputer portable yang lebih tinggi dan ukuran yang sedikit kecil serta lebih ringan untuk memudahkan saat dibawa-bawa. Saat ini semakin sulit membedakan mana yang laptop dan mana yang notebook karena keduanya memiliki spesifikasi yang mirip. Tampaknya sekarang keduanya lebih pada perbedaan penyebutan saja, di Amerika istilah notebook lebih populer dibanding laptop sedangkan di Indonesia sebaliknya.

  • Netbook

Netbook merupakan versi mini dari notebook dan laptop dari segi ukuran maupun spesifikasi komponennya. Biasanya netbook menggunakan prosesor atom, ram antara 1 hingga 2 GB dan grafis yang bisa dibilang tidak melebihi notebook. Dari segi baterai, netbook memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan dengan yang lain. Netbook cocok digunakan untuk keperluan yang tidak membutuhkan resource besar misalnya untuk berselancar di internet, mengolah dokumen dan multimedia ringan. Harga netbook cukup terjangkau di Indonesia, yakni antara 2 hingga 5 juta rupiah meskipun ada juga produsen yang memproduksi netbook dengan spesifikasi tinggi dan harga lebih mahal.

Tagged as:
author

This post was written by:

Saya Muhammad Fiqih Al farouq dari Majalengka, sekarang sedang melanjutkan pelajaran di salah satu universitas negeri di Indonesia. Saya berharap Anda menyukai artikel di blog ini dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

1 comment:

Berkomentarlah dengan bijak di blog ini. Share with LOVE guys :)

FOLLOWERS

VISITOR

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top