Penyebab, Cara Mengatasi dan Solusi Not Responding pada Komputer

Posted by Unknown on 3


Kang Fiqih | Assalamu'alaikum wr.wb., seiring dengan makin banyaknya fitur-fitur yang ada pada komputer, maka pasti akan menimbulkan beberapa keluhan, diantaranya adalah Not Responding, mungkin bagi yang sudah mengetahui dan memahami hal ini sudah tidak pusing lagi dengan cara mengatasi keluhannya. Namun, bagi yang belum memahami seluk beluk mengenai komputer, pasti akan bingung mengapa hal ini bisa terjadi.

Memang sangat banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja komputer sehingga membuat aplikasi pada komputer kita menjadi Not Responding. Mungkin salah satu contoh yang pernah saya alami ketika saya membuka aplikasi mozilla firefox dan melakukan browsing seperti biasanya (apalagi saat membuka situs jejaring sosial Facebook) browsing kita menjadi lambat, namun pada saat saya ingin menutup window firefox tersebut tiba-tiba ada tulisan "This Program is Not Resonding".

Biasanya hal ini dipengaruhi oleh pemakaian hardware, software, dan bahkan karena adanya virus pada PC yang Anda miliki. Di bawah ini adalah beberapa penyebab terjadinya Not Responding :

  • Banyaknya Program yang dijalankan

Dengan banyaknya program (software) yang dijalankan di komputer akan membuat persentase pemakaian RAM menjadi meningkat dan hal ini akan menjadikan komputer menjadi lelet.

  • Startup Komputer

Biasanya kita seringkali menginstall program-program yang dalam pemakaiannya hanya sementara dan itu tidaklah dipentingkan untuk komputer kita, sehingga pada saat menginstall program-program tersebut, maka akan banya juga shortcut aplikasi tersebut pada startup komputer Anda. Terlalu banyak shortcut akan menyebabkan komputer terlalu lama untuk men-load aplikasi tersebut dan hal ini rentan menjadikan aplikasi megalami Not Responding.

  • Adanya virus

Adanya virus pada komputer Anda pastilah akan membuat komputer Anda menjadi susah terkontrol, biasanya virus yang sedang aktif di direktori tertentu yang berusaha menggangu proses program yang sedang dijalankan.

  • Adanya 2 Antivirus di Komputer

Maksudnya adanya 2 antivirus di komputer ini adalah pada saat kita memiliki antivirus lebih dari satu yang terinstall di komputer kita, akan sering terjadi bentrok antara antivirus tersebut dan bukannya memperbaiki komputer malah menyebabkan komputer menjadi lambat. Namun hal itu tidak akan terjadi jika 2 antivirus tersebut adalah produk buatan lokal (Indonesia) dan produk buatan luar, karena yang menyebabkan bentrok itu adalah antivirus yang keduanya berasal dari luar.

  • Hardware

Dalam beberapa kasus komputer Not Responding, Hardware pada komputer sudah rusak dan dapat menyebabkan komputer Not Responding. Contoh nyata pada Harddisk, jika sudah lemah bisa menyebabkan komputer lambat bekerja karena untuk membaca harddisk membutuhkan waktu yang cukup lama dan komputer menjadi Not Responding.

  • Windows Error

Not Responding bisa disebabkan dengan Windows yang sudah error atau beberapa File Windows Corrupt. Lakukanlah Repair atau Re-install pada Komputer Anda.

Nah, itulah beberapa penyebab komputer menjadi Not Responding. Dan jika komputer Anda sudah mengalami hal tersebut maka saya akan memberikan cara untuk mengatasi Not Responding:

  • Jika Anda sedang mengalami Not Responding pada aplikasi Anda, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah klik Ctrl+Alt+Del untuk membuaka Task Manager.
  • Jika Task Manager telah dibuka, maka disana akan ada proses pada program yang sedang dijalankan di komputer Anda.
  • Pilih proses aplikasi pada komputer Anda yang sedang mengalami Not Responding dan klik End Proses.
  • Biasanya ada warning/pemberitahuan untuk menutup aplikasi tersebut, klik saja End Now
  • Jika langkah di atas tidak berjalan, mungkin Anda harus merestart komputer Anda.

Dan di bawah ini adalah beberapa solusi agar aplikasi dalam komputer Anda tidak mengalami Not Responding:

  • Pertama, pastikan Anda menggunakan antivirus yang baik dan up to date.
  • Usahakan gunakan satu antivirus saja, jangan lebih.
  • Gunakanlah program utilities, disarankan Anda menggunakan TuneUp Utilities dan jalankan semua fitur yang ada di dalamnya.
  • Setelah semuanya dijalankan, restart komputer PC Anda dan insya'allah Not Responding itu tidak kembali lagi.

Mungkin itulah sedikit informasi yang dapat saya berikan untuk Anda semua. Mudah-mudahan dapat mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi sekarang. :D

Tagged as:
author

This post was written by:

Saya Muhammad Fiqih Al farouq dari Majalengka, sekarang sedang melanjutkan pelajaran di salah satu universitas negeri di Indonesia. Saya berharap Anda menyukai artikel di blog ini dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

3 comments:

  1. bapak kenal jokowi yg suka eek By : Jokowi Dodol

    ReplyDelete
  2. Bapak plih ganjar praniwi si pembok3p atau anies baswedun ATAU SI prabowo sianto

    ReplyDelete
  3. 1. Anies Basuriedan 2. Prabowo Susianto 3. Ginjal Praniwi

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak di blog ini. Share with LOVE guys :)

FOLLOWERS

VISITOR

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top