Membuat Logo G.M. [Coreldraw]

Posted by Muhammad Fiqih on 0

Kang Fiqih | Assalamu'alaikum wr.wb., selamat malam semua. Malam ini tidak tahu kenapa saya tidak bisa tidur, sebenarnya saya sudah mandi, sudah makan dan sudah selarut ini saya masih tidak bisa tidur. Daripada tidak ada kegiatan, lebih baik saya ngeblog aja disini sekarang dan memberikan sebuah artikel yang seperti biasa bertujuan untuk membantu Anda dan menambah wawasan.

Kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat sebuah logo di Coreldraw. Apakah Anda semua mengetahui tentang si Coreldraw ini? Coreldraw adalah sebuah software desain grafis, sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor.

Sebenarnya untuk mempelajari desain grafis (Coreldraw) ini tidaklah sulit, Anda terlebih dahulu harus mengetahui dan memahami konsep-konsep yang ada di dalamnya seperti tool yang banyak sekali digunakan dalam pembuatan desain di Coreldraw.

Nah, disini saya mempunyai sebuah desain logo yang saya beri nama "G.M.". Apa itu G.M. ? G.M. adalah sebuah singkatan yang diambil dari kata Good Mood. Lantas kenapa saya menamai logo tersebut dengan nama itu ? Itu karena pada saat saya mengerjakan logo tersebut saya sangat bersemangat....hehe

Inilah langkah-langkah atau cara-cara dalam membuat logo tersebut:

1. Anda terlebih dahulu harus masuk ke CorelDraw (disini saya menggunakan Graphic Suite X4), Klik Start --> All Programs --> CorelDraw Graphic Suite X4 --> CorelDraw X4.

2. Buatlah sebuah Elipse dengan menggunakan Elipse Tool (F7), kemudian warnai seperti pada gambar di samping.

3. Buat kembali elipse dengan warna yang berbeda dan tumpangkan di Elipse yang pertama.  Pada elipse kedua ini tekan F11 kemudian pilih Type Linear dan klik OK. Selain ini disini kita akan membuat sebuah bayangan, caranya dengan menggunakan interactive drop shadow tool.

4. Untuk ketiga kalinya Anda diharuskan membuat elipse dengan warna berbeda dan membuat sebuah gari yang membentuk  huruf “L” seperti tampak pada gambar.

5. Klik pada bentuk yang menyerupai huruf “L” tersebut lalu tekan shift dan kemudian sambil menekan shift Anda klik gambar elipse berwarna merah, langkah terakhir adalah klik Trim. Hasilnya kurang lebih akan menjadi seperti ini.

6. Buat lagi garis lurus dan buat sebuat Rectangle kemudian kedua benda ini kita Trim kembali seperti pada langkah No. 5. (untuk letaknya bisa dilihat di gambar)

7. Buatlah sebuah elipse kecil tanpa warna dan letakkan ditengah benda No. 7. Setelah itu Anda Trim kembali.

8. Langkah sekarang adalah memisahkan bagian yang terpisah seperti pada gambar No. 7 dengan terlebih dahulu membuat Rectangle diletakkan di bagian yang akan kita pisahkan. Dan kemudian kita Intersect.

9. Setelah di Intersect, bentuk tersebut masih utuh dan hanya membuat bagian yang terpisah itu menjadi dua.

10. Kita akan menghilangkan bagian yang terpisah pada bagian yang utuh tersebut dengan membuat Rectangle dan posisikan seperti langkah No. 8, kemudian Trim.

11. Ubah warna pada bagian yang terpisah tersebut dengan warna seperti pada gambar dan tempatkan di bagian yang telah dihapus tadi.

12. Buatlah lingkaran kecil ditengahnya dan beri warna hitam, kemudian kita group semuanya dengan “Ctrl+G”. Setelah kita group maka selanjutnya adalah beri penebalan outline hingga 8 pt dan ubah warna outline dengan warna putih.

13. Setelah selesai maka kita posisikan benda yang telah di group ini di benda pada langkah No. 3. Klik “Ctrl+A” dan di group-kan.

14. Buatlah Sebuah Rectangle dan beri warna putih kemudian hilangkan outline-nya. Setelah itu kita rotasi 45 derajat, buat benda ini menjadi transparan dengan menggunakan Transparacy Tool. Letakkan di atas benda No. 13.

Dan lihat hasilnya, mudah-mudahan dapat membantu Anda.

Selamat beraktivitas dan sampai jumpa ...
 

Tagged as:
author

This post was written by:

Saya Muhammad Fiqih Al farouq dari Majalengka, sekarang sedang melanjutkan pelajaran di salah satu universitas negeri di Indonesia. Saya berharap Anda menyukai artikel di blog ini dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak di blog ini. Share with LOVE guys :)

FOLLOWERS

VISITOR

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top