Mengganti dan Menambah Jenis Font (Font Style) di Blog

Posted by Unknown on 5


Kang Fiqih | Assalamu'alaikum wr.wb., sekarang disini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara Mengganti dan Menambah Jenis Font (Font Style) di Blog. Awal saya ingin memposting artikel ini karena setelah saya mengganti tema blog beberapa kali, jenis font yang ada di blog kadang sering kali tidak cocok dan tidak srek menurut saya.

Beranjak dari itu, muncul pemikiran untuk saya mengganti font di blog. Dan caranya pun terbilang sangat mudah, Anda hanya tinggal menambahkan dan mengganti jenis font dengan memakai Google Font karena kebanyakan template hasil download tidak bisa diedit di perancang template. Jadi untuk mengganti fontnya, anda perlu melakukan hal-hal sederhana berikut :

Memilih jenis font

  • Buka situs http://www.google.com/fonts/
  • Pilihlah jenis font (font style) yang Anda inginkan terlebih dahulu, setelah Anda menemukan jenis font yang cocok menurut Anda, klik Add To Collection pada bagian kanan bawah di pilihan font Anda. Bisa pilih lebih dari satu jenis huruf jika diperlukan. 


    • Jika Anda sudah selesai memilih huruf silahkan Anda klik Use.


    • Anda akan dibawa ke halaman berbeda, di halaman tersebut Anda tinggal meng-copy kode yang diberikan untuk dipasang di blog Anda.

      

    Menambah font pada blog

    • Jika sudah menyelesaikan langkah-langkah di atas sekarang tinggal masuk ke akun blog Anda.
    • Klik menu Template --> Edit HTML.
    • Cari kode ]]></b:skin> dan paste kode yang dicopy dari google font tadi dibawahnya.
    • Tambahkan / sebelum tag penutup > pada kode tersebut. Hasilnya akan tampak seperti contoh di bawah ini
    <link href='http://fonts.googleapis.com/css?family=Kite+One' rel='stylesheet' type='text/css' />
    • Simpan Template.

    Menggunakan font di blog

    Sekarang setelah melakukan tahapan-tahapan sebelumnya, Anda tinggal mengimplementasikannya saja di blog Anda. Contoh seperti di bawah ini (Anda tinggal mengaturnya sesuai dengan keinginan Anda).

    #outer-wrapper {
     margin:0 auto;
     padding:0px;
     text-align:$startSide;
    font-family:"Kite One";
    font-size:13px;
    margin:10px auto;
     }

    Cukup sekian tutorial mengenai cara Mengganti dan Menambah Jenis Font (Font Style) di Blog. Terimakasih atas kunjungannya di blog saya dan mohon maaf bila terdapat kekurangan.

    Tagged as:
    author

    This post was written by:

    Saya Muhammad Fiqih Al farouq dari Majalengka, sekarang sedang melanjutkan pelajaran di salah satu universitas negeri di Indonesia. Saya berharap Anda menyukai artikel di blog ini dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.

    Get Updates

    Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

    Share This Post

    Related posts

    5 comments:

    Berkomentarlah dengan bijak di blog ini. Share with LOVE guys :)

    FOLLOWERS

    VISITOR

    Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
    back to top