Mengatasi Masalah Instalasi .NET Framework (HRESULT 0xc8000222)

Posted by Unknown on 0


Kang Fiqih | Assalamu'alaikum wr.wb., sebelumnya saya telah meng-update artikel mengenai Pengertian .NET Framework Secara Umum. Dan sekarang saya akan memposting sesuatu mengenai masalah dalam instalasi .NET Framework, dilandasi pada saat saya akan menginstall game PES 2013 yang notabennya akan lebih baik jika menginstall terlebih dahulu Visual C++ dan .NET Framework (terbaru). Namun pada saat instalasi .NET tersebut saya memiliki kendala. 

Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, tampil suatu tulisan ".NET Framework 4 has not been installed because : HRESULT 0xc8000222" yang berarti inti permasalahan pada HRESULT-nya itu.

.NET adalah teknologi yg masih boleh dikatakan terbaru dalam dunia programming yang kalau tidak salah peluncuran perdananya sekitar tahun 2000-an saat itu masih versi 1.0 yang berfungsi sebagai framework dalam membangun sebuah software terutama software-software enterprise (walaupun sekarang sudah ada .NET Micro untuk HMI (Human Machine Interface) atau bahkan untuk robotik.

.NET teknologi itu sendiri selain dari framework (istilahnya sebagai penyedia fungsi-fungsi yang kita butuhkan dalam membuat suatu software dan jumlahnya sangat banyak sekali) juga sebagai runtime yang diperlukan bagi software untuk bisa running/di eksekusi, jadi segala bentuk proses apapun itu di manage oleh .NET. bisa dikatakan .NET menyediakan suatu level abstraksi dari OS (operating system).

Kegunaan utama .net framework adalah Mempermudah Peng-Codingan dan Eksekusi Perintah.

Maksudnya, .NET Framework memiliki ratusan kode perintah "standar" yang sering digunakan programer dalam membuat program untuk environment windows. Saking seringnya, ga asik banget kalau setiap program yang kamu pake, harus ada banyak "kode" yang sama.

Misalnya seperti "SAVE AS". Mungkin hampir di setiap program yang memungkinkan kita menyimpan data, akan ada SAVE AS. Dan nggak asik banget, kalau untuk menambahkan sebuah SAVE AS aja butuh ratusan line.

Ratusan line itu akan memakan misalnya sekitar 100KB, sedangkan program yang menggunakan command SAVE AS itu ada minimal 10 buah saja yang ada di komputer Anda. berarti kode SAVE AS yang sama ditulis 10 kali, dengan kapasitas 10 kali alias +-1MB. nah berapa kode lain yang sama? seperti copy, paste, dll.

Untuk "merampingkan" kode tersebut, Microsoft membuat .NET Framewok. Jadi coder cukup menuliskan hal hal seperti "jalankan perintah save as di .net framework". tidak perlu membuat berbaris baris lagi kode.

Nah, sekilas tentang .NET Framework. Untuk Mengatasi Masalah Instalasi .NET Framework (HRESULT 0xc8000222), berikut langkahnya :
  1. Klik Start, kemudian Run.
  2. Ketik cmd dan tekan Enter.
  3. Silahkan ketik net stop WuAuServ dan tekan Enter di jendela cmd. (jika setelah di Enter tidak bisa, maka pada saat membuka cmd.exe pakai Run as Administrator)
  4. Klik Start, kemudian Run.
  5. Ketik %windir% dan tekan Enter.
  6. Akan terbuka sebuah folder, di folder tersebut terdapat lagi folder yang bernama SoftwareDistribution. Rename SoftwareDistribution menjadi SDold.
  7. Klik lagi Start kemudian Run.
  8. Ketik cmd dan tekan Enter.
  9. Slahkan ketik net start WuAuServ dan tekan Enter di jendela cmd.
    (jika setelah di Enter tidak bisa, maka pada saat membuka cmd.exe pakai Run as Administrator)
  10. Coba lakukan instalasi lagi pada .NET Framework Anda dan silahkan lihat hasilnya.
Saya harap artikel ini bisa menjadi solusi dan dapat bermanfaat bagi Anda, Berbagi itu indah sob. :D

Tagged as:
author

This post was written by:

Saya Muhammad Fiqih Al farouq dari Majalengka, sekarang sedang melanjutkan pelajaran di salah satu universitas negeri di Indonesia. Saya berharap Anda menyukai artikel di blog ini dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak di blog ini. Share with LOVE guys :)

FOLLOWERS

VISITOR

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top