Awali Membuat Blog Dengan Benar

Posted by Muhammad Fiqih on 0



Kang Fiqih | Assalamu'alaikum wr.wb., selamat malam semua. Ini adalah pertemuan pertama saya dengan sobat semua karena ini merupakan blog baru saya yang sengaja dibuat untuk keperluan pembelajaran khusus mengenai dunia teknologi dan internet. (nyambung juga sih dengan jurusan yang saya ambil di perkuliahan)

Nah, ngomong-ngomong tentang internet pasti tidak lepas dengan yang namanya blog. Benar, blog adalah singprikatan dari web log yang merupakan sebuah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai postingan) pada sebuah halaman web umum. Blog ini bisa dipakai untuk keperluan individu/pribadi seperti yang dimiliki oleh saya sekarang ini, ataupun untuk keperluan organisasi.

Kembali ke topik bahasan, di pertemuan sekarang ini saya akan membahas mengenai Cara Membuat Blog Dengan Baik dan Benar. Lantas bagaimana sih caranya? Di bawah ini sedikit saya akan memberikan tips-nya agar dapat membantu Anda.
  • Siapkan judul dan tema blog
Sebelum kita membuat blog alangkah baiknya kita tidak buru-buru. Karena jika tidak, maka kemungkinan besar blog yang kita buat tersebut tidak akan terpakai tepat guna. Ketahuilah terlebih dahulu judul dan tema blog yang akan dibuat, sebaiknya sesuaikanlah tema blog Anda dengan materi kesukaan Anda. Misalkan, Anda sangat menyenangi dunia kesehatan, maka buatlah blog dengan tema kesehatan. Dengan begitu, itu akan membantu Anda dalam membuat sebuah postingan dengan baik karena setidaknya kita mengetahui mengenai kesehatan dan tidak akan membosankan.
  • Buatlah domain web yang mudah diingat
Selain kita memikirkan judul dan tema blog, yang tak kalah penting adalah domain web yang akan kita miliki nantinya. Kita harus bisa membuat domain web yang gampang diingat oleh orang lain supaya lebih memudahkan para pengunjung blog Anda untuk kembali ke sana. 
  • Pilih desain web sesuai dengan tema blog
Tema blog sudah, domain juga sudah, selanjutnya adalah desain web yang akan dipakai nantinya. Sebaiknya sedari dini Anda memilah-milah mana saja desain web yang baik untuk blog Anda. Seleksilah desain blog yang akan digunakan dan harus disesuaikan dengan blog yang Anda miliki. Kadang, banyak orang yang memilih desain web dengan asal saja, kemudian mereka baru sadar bahwa template blog yang dipakai tidak sesuai dengan tema blognya sehingga mereka mencari lagi dan menggantinya dengan yang baru.
  • Friendly dalam sebuah postingan
 Friendly dalam sebuah postingan? Maksudnya apa? Maksudnya adalah pada saat Anda akan mempostingsebuah artikel, pastikan bahwa postingan Anda tersebut akan menarik untuk dibaca oleh khalayak. Dan dalam sebuah postingan artikel juga kita musti bisa memasukkan diri kita di dalamnya sehingga pada saat orang lain membaca artikel kita, orang tersebut merasa ada seorang Admin yang menemani. Hal tersebut akan sangat baik untuk dilakukan.
  • Menggunakan bahasa yang baik dan benar
Jangan lupa, jangan hanya friendly saja yang di perhitungkan, bahasapun harus menggunakan bahasa yang baik dan benar. Biasanya seorang pemilik blog yang friendly banyak menggunakan bahasa yang tidak sesuai dengan EYD, memang susah jika mengikuti EYD, namun setidaknya kita berusaha. Bener gak? :D... Bahasa yang baikpun bisa membuat pembaca blog Anda nyaman dan betah berada di blog Anda tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan untuk Anda semua. Semoga dapat membantu Anda dalam mengawali membua blog yang baik dan benar karena di sinipun saya masih belajar juga..hihi :D

Selamat beraktivitas dan sampai jumpa ...

Tagged as:
author

This post was written by:

Saya Muhammad Fiqih Al farouq dari Majalengka, sekarang sedang melanjutkan pelajaran di salah satu universitas negeri di Indonesia. Saya berharap Anda menyukai artikel di blog ini dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak di blog ini. Share with LOVE guys :)

FOLLOWERS

VISITOR

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top